Pakan Ayam Petelur Biar Cepat Bertelur : Jenis, Keperluan Gizi, Hingga Pembuatan

Daftar Isi
Pakan Ayam Petelur Biar Cepat Bertelur

Pakan Ayam Petelur Biar Cepat Bertelur : Jenis, Keperluan Gizi, Hingga Pembuatan

Taukah kamu? Peternak ayam pertimbangkan jumlah pakan ayam petelur yang terkonversi. Masalah ini, karena pakan ayam yang miliki harga cukup naik dan aktif. Ditambahkan biaya perawatan lainnya yang diantisipasi, Nah pasti kamu sebagai peternak ayam pengin memperoleh kandungan nutrisi pas.

Dengan biaya standard dapat tingkatkan kualitas dan daya produksi ayam petelur, jadi pakan ayam petelur yakni kunci teristimewa dalam budi daya ayam petelur. Karena, tanpa pakan yang berkualitas, menjadi produktifitas ayam petelur kamu tidak efektif. Selain pertimbangkan kandungan nutrisi dan kebutuhan pakannya, pasti untuk yang baru memulai tahu model ayam petelur yang miliki daya produksi tinggi sangatlah penting.

Baca Juga: Pakan Ayam Alternatif dengan Sumber Protein Tinggi: Untuk Menhemat Biaya

Lalu, berapakah sih kebutuhan pakan ayam petelur /hari?

Apa pakan ayam petelur dari DOC hingga sampai bertelur?

Bagaimana langkahnya melindungi produktifitas ayam petelur kamu? Yuk baca informasi berikut ini.

Tau Jenis Ayam Ras Petelur

Ayam ras petelur miliki daya produksi yang lumayan tinggi jikalau kamu tahu bagaimana langkahnya mengoptimalkan pemberian pakan. Setiap ekor ayam petelur bisa menghadirkan 250-310 butir telur/tahun.

Sudah dipastikan, daya produksi itu demikian terkait di model ayam ras petelur yang kamu usahakan. Beberapa style ayam ras petelur yang dibudidayakan yakni:

  • White Leghorn
  • Australorp
  • Rhode Island Red
  • Barred Plymounth Rock
  • Cornis New Hampshire
  • White Plymooth Rock.

Meskipun begitu, tapi, jikalau formulasi dan komposisi pemberian pakan kamu gak pas, menjadi produktifitas telur yang dibikin juga tidak maximum. Selain itu, pemberian pakan ini mesti disamakan dengan sesi perubahan ayam kamu.

Babak Produksi Ayam Petelur

Ayam petelur dapat dibagi jadi 3 sesi dalam perawatannya, ialah:

  • sesi starter (umur 0-6 minggu)
  • sesi grower (umur 6-15 minggu)
  • sesi layer/produktif (>15 minggu)

Di setiap sesi itu, kamu perlu beri pakan dengan komposisi, cara dan saat yang presisi.

Usai masuk sesi layer, ayam petelur juga dibagi jadi 2 babak, ialah:

  • sesi pertama di umur 22-42 minggu
  • sesi kedua di umur 42-47 minggu.

Di setiap sesi itu, produktifitas nya juga tidak sama. Saat ayam berumur 22-42 minggu, rata-rata produksi yang dibikin yakni 78%. Dan saat ayam berumur 42-47 minggu, rata-rata produksi yang dibikin yakni 72%

Bentuk/Susunan Pakan Ayam Petelur

Pakan ayam petelur dapat diolah menurut kebutuhan gizinya. Pakan/ransum dapat diolah menurut kebutuhan nutrisi ternak. Bentuk pakan ayam ini dapat berbentuk:

  • Mash
  • Limited grains (gabungan kasar/butiran dengan tepung)
  • Crumble (butiran halus dengan ukuran yang gak sama)
  • Pellet.

kamu bisa beri pakan dengan susunan dan model pakan ayam petelur sama dengan umur.

Kebutuhan Nutrisi Makanan Ayam Petelur

Ayam petelur dibutuhkan beberapa style nutrisi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, ayam petelur juga dibutuhkan nutrisi mikro seperti vitamin serta mineral.

Biar kamu bisa kalkulasi berapa banyak konsumsi nutrisi makro dan mikro yang dikasih, berikut ini yakni perbedaan kebutuhan pakan ayam petelur sesi layer:

Tabel di atas menuturkan kebutuhan nutrisi ternak ayam apetelur. Buat penuhi kebutuhan nutrisi itu, jadi kamu perlu menunjuk bahan pakan dan beri pakan yang bisa penuhi kebutuhan nutrisi ayam petelur.

Kebutuhan nutrisi yang tercukupi tentu beri hasil yang intensif, dan ini perlu diantisipasi buat Ternak Ayam Petelur Rumahan atau buat peternak pemula.

Model Pakan Ayam Petelur Terbaik

Apa model pakan ayam petelur sama dengan umur? Berikut di bawah ini ada sekian banyak style pakan ayam petelur yang bisa kamu tetapkan:

Jagung Giling

Jagung giling miliki kandungan nutrisi yang sangat baik buat ayam petelur. Ini dipacu jagung giling miliki kandungan sumber nutrisi makro dan mikro seperti sumber energi, sumber protein, sumber mineral, dan vitamin.

Jagung miliki kandungan 10% rasio karbohidrat jadi sumber energi. Selain itu, jagung juga miliki kandungan 9% protein kasar, 3,9% lemak, dan serat kasar sebesar 0,02%.

Selain itu, jagung juga miliki kandungan pada vitamin A (xantofil) yang bisa beri warna kuning yang lebih cerah di kuning telur.

Buat secara lengkapnya, berikut ini yakni tabel beberapa kandungan nutrisi di jagung:

No.Jenis NutrisiJumlah
1.Karbohidrat60 (%)
2.Protein kasar12,39 (%)
3.Lemak7 (%)
4.Serat kasar12,59 (%)
5.Kalsum0,09 (%)
6.Posfor1,07 (%)
7.Asam Fitat2,42 (%)

Di atas yakni data kandungan nutrisi di jagung. Selanjutnya, juga ada Bekatul

Bekatul

Bekatul ialah hasil sampingan dari proses penggilingan padi jadi beras. Bekatul kerap dipakai sebagai pakan ayam petelur di Indonesia, Bekatul miliki tersedianya yang banyak. Bekatul selain miliki kandungan karbohidrat tinggi, juga ialah sumber energi dan asam amino yang sangat baik buat ayam petelur.

Meskipun begitu, bekatul tak bisa dikasihkan dalam jumlah yang demikian tinggi, karena miliki kandungan serat kasar yang lebih tinggi sekali, ialah 11%. Serat kasar ini miliki kandungan asam pitat. Kandungan asam pitat dan serat kasar yang lumayan tinggi ini dapat turunkan tersedianya mineral fosfor di pakan dan kemampuan buat memproses pakan.

Oleh sebab itu jumlah bekatul yang bisa diberikan ke ayam petelur perlu dibatas. Pemberian pakan bekatul buat ayam petelur ialah: Di ayam petelur berumur 0-4 minggu, kamu bisa beri bekatul dengan perbedaan intensif 10%. Di ayam petelur berumur4-8 minggu, kamu bisa beri bekatul dengan perbedaan intensif 20% dan di ayam petelur, kamu bisa beri bekatul dengan perbedaan intensif 25%.

Buat menegaskannya, berikut ini yakni kandungan nutrisi bekatul yang difungsikan sebagai pakan ternak:

No.Jenis NutrisiJumlah
1.Karbohidrat10 (%)
2.Protein kasar9 (%)
3.Lemak3,9 (%)
4.Serat kasar0,02 (%)
5.Air12-14 (%)
6.Mg0,14 (%)
7.K0,38 (%)
8.Vitamin A29 IU
9.Vitamin D0,12 mg/kg
10.Co3 mg/kg
11.I0,11 mg/kg
12.Fe31 mg/kg
13.Mn4 mg/kg
14.Zn24 mg/kg
15.Asam pantotenan3,4 mg/kg

Kosentrat

Konsentrat yakni model pakan sumber protein dan nutrisi seimbang yang dalam penggunaannya dengan digabung bersama bahan pakan lain.

Konsentrat bermanfaat buat tingkatkan nilai nutrien rendah, biar ayam petelur bisa memperoleh nutrisi seimbang sama dengan kebutuhannya.

Tambahan konsentrat sebagai gabungan pakan ayam petelur ini palinglah penting yaitu untuk:

  • Tingkatkan daya cerna ayam petelur ke pakan sampingan
  • Tingkatkan berat badan
  • Tingkatkan produktifitas telur
  • Penuhi kebutuhan protein ternak
  • Tingkatkan efektifitas penggunaan pakan.

Biarpun miliki fungsi yang palinglah penting, pemberian pakan konsentrat gak disuruh buat dikasih dalam jumlah yang demikian besar.

Ini dipacu konsentrat miliki harga yang lumayan tinggi, karenanya dapat memakai 70-90% keseluruhnya biaya pakan. Buat menghemat biaya pakan, kamu bisa jalankan self mixing konsentrat melalui langkah barusan.

Cara Membuat Gabungan Pakan Ayam Petelur

Pakan self mixing atau pakan yang digabung sendiri bisa menjadi jalan keluar terbaik buat beberapa peternak ayam petelur. Kamu sekedar memformulasi/menambahkan sendiri bahan pakan seperti jagung, bekatul, dan sebagainya dengan konsentrat jadi pakan yang seimbang.

Dengan jalankan self mixing, kamu bisa mengefisiensikan biaya perawatan hingga sampai 75%. Selain itu, self mixing juga cukup simpel, berkat dapat digerakkan dengan manual tanpa dibutuhkan mesin.

Berikut di bawah ini yakni cara membuat pakan ayam petelur dengan style self mixing:

  1. Tetapkan bahan yang menjadi sumber pakan ternak unggas petelur, seperti jagung, bekatul, dan sebagainya.
  2. Siapkan konsentrat berkualitas baik (padat nutrisi protein).
  3. Ukur setiap bahan pakan dengan perbedaan: ekstrak=35%, jagung 50%, dan bekatul 15%.
  4. Letakkan masing bahan pakan itu lantai bersih.
  5. Aduk pakai sekop hingga sampai semua bahan pakan bersatu rata.
  6. Pakan udah siap buat dikasih.

Cara pemberian pakan ayam petelur yaitu dengan menambah pakan itu dengan sedikit air, biar pakan lebih sederhana dicerna ternak. Selanjutnya, letakkan pakan di tempat pakan yang ada di kandang. Pemberian pakan ayam petelur disuruh digerakkan 3x sehari, saat pagi, siang dan sore hari.

Di atas yakni cara membuat pakan ayam petelur dengan style self mixing. Muah kan? Ya,pakan self mixing jadi anjuran pemberian pakan ayam petelur sebagai makanan ayam petelur biar cepat bertelur.

Sebagai salah satunya cara memberi dukungan Budi daya Ayam Petelur dengan kualitas lebih baik, menghadirkan hasil telur yang intensif.

Baca Juga: Cara Fermentasi Dedak dengan EM4 untuk Pakan Ayam: Langkah-Langkah dan Manfaat

Tambahan Suplemen Organik

Usai memotong untuk beri pakan dengan bahan terbaik, jadi metode seterusnya menambahkan suplemen organik. Ini dipacu pakan yang kamu berikan cuman bisa penuhi kebutuhan nutrisi makro, seperti karbohidrat, lemak serta protein. Dan nutrisi mikro seperti mineral, vitamin, dan probiotik tidak dapat dipenuhi dari pakan itu.

Oleh karenanya, kamu disuruh buat beri suplemen yang bisa penuhi semua kebutuhan nutrisi mikro ternak. Salah satunya suplemen yang banyak difungsikan oleh peternak ayam petelur yakni Suplemen Organik Cair. Sama dengan namanya, suplemen ini dibikin dari beberapa bahan organik dan diformulasi secara rinci buat ternak. Suplemen Organik Cair miliki kandungan mineral essensial dan non essensial yang palinglah penting buat model metabolisme tubuh ternak.

Selain itu, produk ini miliki kandungan multivitamin komplit dan probiotik yang berisi bakteri baik. Karenanya sangat baik buat kesehatan model pencernaan ternak. Cukup pakai Suplemen Organik Cair, kamu tidak penting membeli suplemen/vitamin tambahan lain. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan semakin lebih hemat.

Cara mempraktikkan probiotik ayam petelur amat sederhana dengan:

  • Kamu cuma butuh menambahkan 300 ml Suplemen Organik Cair/1000 ekor ternak ke tempat minum.
  • Berikan suplemen ini saat sore atau juga pagi hari (1 kali sehari).

Dengan penggunaan pakan yang pas dan vitamin ayam sebagai pemangku yang dibikin dengan bahan organik, akan tingkatkan kualitas telur yang dibikin. Lebih sehat dan terbangun kualitasnya.

Nah, itu semua yakni saran pemberian pakan ayam petelur.

Ikbal zakariya
Ikbal zakariya Saya membagikan informasi yang bermanfaat buat kalian. Ikbal Zakariya