Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Usaha Peternak Ayam Petelur Medium untuk Pemula

ayam petelur medium

Tips dan Trik Usaha Peternak Ayam Petelur Medium untuk Pemula

Peternakan ayam petelur memang jadi usaha yang menggiurkan, terutama jika memiara ayam petelur medium. Ayam petelur medium mempunyai keproduktifan telur yang cukup tinggi serta lebih konstan diperbandingkan ayam petelur Rigan atau besar. Dengan demikian, memiara ayam petelur medium jadi alternatif yang bagus untuk mereka yang mau mulai usaha peternakan ayam petelur.

Utamanya memelihara ayam petelur medium yakni lantaran tingginya keinginan bakal telur memiliki kualitas. Telur adalah bahan pakan yang perlu untuk kehidupan tiap hari serta memiliki faedah untuk kesehatan. Dengan demikian, menegaskan kalau telur yang dibuat memiliki kualitas serta aman untuk disantap jadi hal utama untuk peternak.

Arah dari website ini yakni memberinya tips untuk beberapa pemula yang mau mulai usaha peternakan ayam petelur medium. Tips ini bakal mengkaji beberapa hal penting yang sebaiknya jadi perhatian seperti memutuskan daerah yang cocok, beli bibit yang memiliki kualitas, memberinya minum serta pakan yang cocok, dan bersihkan kandang dengan teratur.

Siapa pun yang pas memiara ayam petelur medium?

Peternak pemula, ibu rumah-tangga yang mau mempunyai upaya sambilan, atau mereka yang mau mulai usaha peternakan ayam petelur medium dengan rasio kecil. Yang perlu yakni mempunyai hasrat untuk belajar serta mengerti teknik memiara ayam petelur medium dengan bagus.

Baca Juga: Tipsdan Trik Sukses Menjalankan Usaha Ayam Petelur Ringan

Ciri-Ciri Ayam Petelur Medium

Untuk menegaskan kalau Anda beli ayam petelur medium yang memiliki kualitas, ada sejumlah tanda-tanda yang sebaiknya jadi perhatian. Berikut yakni beberapa ciri ayam petelur medium yang bagus:

  • Ayam petelur medium mempunyai ukuran badan yang, tidak besar atau kecil. Biasanya berat ayam petelur medium di antara 1,5-2 kg.
  • Ayam petelur medium mempunyai keproduktifan telur yang cukup tinggi, dapat menciptakan sampai 200-250 butir telur /tahun.
  • Telur yang dibuat oleh ayam petelur medium mempunyai mutu yang bagus, warna putih serta mempunyai kulit yang kuat.
  • Ayam petelur medium mempunyai pembawaan yang bagus, tidak ringan takut serta gampang dalam soal perawatan.
  • Ayam petelur medium yang sehat mempunyai bulu-bulu yang bersih serta rata, dan tidak ada tanda-tandanya penyakit seperti lebam atau kulit yang kasar.

Dengan melihat beberapa ciri ayam petelur medium di atas, Anda bisa menegaskan kalau Anda beli ayam yang memiliki kualitas serta pas untuk jadi bahan investasi peternakan.

Jenis Ayam Petelur Medium

Ada beberapa jenis ayam petelur medium yang popular dipakai untuk peternakan, salah satunya yakni:

  1. ISA Brown/Hibrida: Adalah satu diantaranya tipe ayam petelur medium yang terbanyak dipakai. Ayam ini mempunyai keproduktifan telur yang cukup tinggi serta gampang dalam soal perawatan.
  2. Lohmann Brown: Adalah tipe ayam petelur medium yang mempunyai keproduktifan telur tinggi serta konstan, dan mempunyai pembawaan yang bagus serta gampang dalam soal perawatan.
  3. Babon inseminasi Produksi (BIB): Adalah tipe ayam petelur medium yang anyar, tetapi mempunyai keproduktifan telur yang cukup tinggi serta konstan. Ayam ini mempunyai pembawaan yang bagus serta gampang dalam soal perawatan.
  4. Shaver: Adalah tipe ayam petelur medium yang mempunyai keproduktifan telur yang cukup tinggi serta konstan, dan mempunyai pembawaan yang bagus serta gampang dalam soal perawatan.

Seluruh jenis ayam petelur medium di atas mempunyai keproduktifan telur yang bagus, tetapi alternatif bergantung pada pilihan serta keperluan peternak. Seharusnya peternak menegaskan kalau ayam yang diputuskan penuhi persyaratan yang diharapkan, seperti keproduktifan telur, pembawaan, serta mutu.

Memutuskan Daerah yang Cocok untuk Memiara Ayam Petelur Medium

Untuk menegaskan kesehatan serta keproduktifan ayam petelur medium, peternak harus memutuskan daerah yang cocok untuk memiaranya. Berikut yakni beberapa hal yang sebaiknya jadi perhatian saat memutuskan tempat:

  • Tempat memiara ayam petelur medium harus mempunyai luas area yang lumayan besar, supaya ayam bisa bergerak serta bernafas secara lancar.
  • Tempat memiara ayam petelur medium harus mempunyai sirkulasi yang bagus, supaya udara di dalam ruang masih tetap fresh serta bebas dari berbau yang tidak lezat.
  • Tempat memiara ayam petelur medium harus mempunyai sinar yang cukup, baik alami atau produksi, supaya ayam bisa melakukan aktivitas dengan bagus.
  • Tempat memiara ayam petelur medium harus mempunyai kelembapan yang bagus, supaya ayam tidak gampang sakit.
  • Tempat memiara ayam petelur medium harus mempunyai keamanan yang bagus, supaya ayam tidak gampang terserang gempuran binatang liar atau maling.

Dengan melihat beberapa hal di atas, peternak bisa menegaskan kalau tempat memiara ayam petelur medium penuhi standard serta bisa menegaskan kesehatan serta keproduktifan ayam.

Beli Bibit Ayam Petelur Medium

Untuk mulai peternakan ayam petelur medium, peternak harus beli bibit yang memiliki kualitas. Berikut yakni beberapa hal yang sebaiknya jadi perhatian dalam beli bibit:

  • Peternak harus beli bibit ayam petelur medium dari sumber yang dapat dipercaya, supaya bibit yang diterima memiliki kualitas serta tidak memiliki kandungan penyakit.
  • Peternak harus beli bibit ayam petelur medium dengan umur yang sama sesuai, supaya bibit berpotensi keproduktifan telur yang bagus.
  • Peternak harus menegaskan kalau bibit ayam petelur medium mempunyai keadaan fisik yang bagus, supaya bibit berpotensi keproduktifan telur yang cukup tinggi.
  • Peternak harus menegaskan kalau harga bibit ayam petelur medium sama dengan mutu serta umur bibit.

Dengan melihat beberapa hal di atas, peternak bisa menegaskan kalau bibit ayam petelur medium yang dibeli memiliki kualitas serta bisa menegaskan keproduktifan telur yang cukup tinggi.

Memberinya Pakan serta Minum yang Cocok ke Ayam Petelur Medium

Untuk menegaskan kesehatan serta keproduktifan ayam petelur medium, peternak harus memberinya minum serta pakan yang akurat. Berikut yakni beberapa hal yang sebaiknya jadi perhatian dalam memberinya minum serta Pakan:

  • Peternak harus memberinya Pakan yang memiliki kualitas serta sama dengan keperluan gizi ayam petelur medium, supaya ayam bisa melakukan aktivitas serta menciptakan telur dengan bagus.
  • Peternak harus memberinya pakan dengan teratur serta sama dengan agenda yang udah dipastikan, supaya ayam bisa peroleh gizi yang cukup.
  • Peternak harus memberinya minum yang bersih serta memiliki kualitas, supaya ayam bisa mempertahankan kesehatan serta menciptakan telur dengan bagus.
  • Peternak harus memberinya minum dengan teratur serta sama dengan agenda yang udah dipastikan, supaya ayam bisa peroleh cairan yang cukup.

Dengan melihat beberapa hal di atas, peternak bisa menegaskan kalau ayam petelur medium peroleh minum serta pakan yang cocok serta bisa menegaskan keproduktifan telur yang cukup tinggi.

Bersihkan Kandang Ayam Secara Teratur

Untuk menegaskan kesehatan serta ketenteraman ayam petelur medium, peternak harus bersihkan kandang ayam dengan teratur. Berikut yakni beberapa hal yang sebaiknya jadi perhatian dalam bersihkan kandang ayam:

  • Peternak harus bersihkan kandang ayam dengan teratur serta sama dengan agenda yang udah dipastikan, supaya ayam bisa hidup pada lingkungan yang bersih serta sehat.
  • Peternak harus memanfaatkan alat serta bahan pembersihan yang bersih serta tidak menimbulkan kerugian kesehatan ayam, supaya ayam bisa hidup pada lingkungan yang bersih serta sehat.
  • Peternak wajib lakukan pembersihan kandang ayam dengan cara yang betul, supaya ayam bisa hidup pada lingkungan yang bersih serta sehat.

Dengan melihat beberapa hal di atas, peternak bisa menegaskan kalau kandang ayam petelur medium pada situasi bersih serta bisa menegaskan kesehatan serta ketenteraman ayam.

Jadi ayam petelur medium adalah tipe ayam yang pas untuk peternakan lantaran mempunyai keproduktifan telur yang cukup tinggi. Peternak harus melihat beberapa hal seperti beberapa ciri, tipe, daerah yang cocok untuk memiara, beli bibit, memberinya minum serta pakan yang cocok, serta bersihkan kandang ayam dengan teratur supaya ayam petelur medium bisa hidup dengan sehat serta produktif.

Dengan melihat beberapa hal itu, peternak bisa menegaskan kalau ayam petelur medium peroleh tindakan yang bagus serta bisa menciptakan telur dengan bagus. Peternak dapat juga menegaskan kalau ayam petelur medium hidup pada lingkungan yang bersih serta sehat.

Ikbal zakariya
Ikbal zakariya Saya membagikan informasi yang bermanfaat buat kalian.Ikbal Zakariya