Cara Merawat Ayam Petelur Buat Pemula untuk Menghasilkan Telur Berkualitas Tinggi

Daftar Isi
ayam petelur

Cara Merawat Ayam Petelur untuk Menghasilkan Telur Berkualitas Tinggi Buat Pemula

Buat pemula, mengawali usaha ayam petelur pastilah perlu petunjuk dan metode budi daya ayam petelur yang sesuai sama keperluan. Untuk mengawali nilai pemula perlu mencermati dari sisi cost juga tehnis mutu yang dipakai.

Ada banyak point utama berkaitan membudidaya ayam petelur nilai pemula, diantaranya:

  • Tentukan jumlah ayam yang hendak diperbudidayakan
  • Mutu pakan
  • Ttehnis perawatan
  • Perlakuan penyakit

Dari point di atas pastilah ada banyak perihal yang harus Anda penuhi dalam mengawali ternak ayam petelur. Karenanya dengan ikuti petunjuk yang benar, Anda bisa juga menempatkan budi daya ayam petelur secara pas. Anda bisa juga mencermati kesempatan budi daya ayam petelur nilai pemula di bawah ini.

Baca Juga: Cara Memberi Perlakuan Khusus untuk Ayam Petelur agar Menghasilkan Telur yang Lebih Banyak

Kesempatan Budi daya Ayam Petelur

Berkata masalah kesempatan budi daya ayam petelur, dalam nilai pemula Anda dapat menentukkan jumlah ayam petelur yang hendak diternak. Ayam petelur disamping digunakan hasil telurnya yang dipasarkan, pastilah daging ayam petelur bisa juga memperoleh keuntungan.

Bagaimana dapat? Ayam petelur yang udah afkir dapat dipasarkan dagingnya serta sekarang pangsa pasarnya pula sama dengan dengan daging ayam pedaging. Rasa daging ayam petelur lebih unik serta punyai rasa yang hampir serupa dengan daging ayam joper.

Nilai jual ayam petelur yang afkir ini termasuk semakin tinggi dipasaran, disamping pasokannya yang dipandang terbatas. Mutu ayam petelur afkir sangat juga disarankan untuk beberapa jenis kulineran.

Anda bisa juga memiliki rencana cost upaya ternak ayam petelur nilai pemula, berikut Upaya Ternak Ayam Petelur 100 Ekor.

Apa sebagian tips untuk membudidaya ayam petelur supaya dapat memperoleh hasil produksi yang optimal?

Awalnya, Anda harus putuskan lebih dahulu model ayam petelur apa yang sesuai dulur budidayakan.

Berikut di bawah ini model ayam petelur yang dapat dulur pikirkan untuk diputuskan sebagai model hewan budi daya Anda.

Tentukan Model Ayam Petelur

Metode budi daya ayam petelur yang harus dulur-dulur kenali adalah model di ayam petelur. Ayam petelur terdiri dalam 2 model, adalah Ayam Petelur Gampang serta Ayam Petelur Alat

1. Model Ayam Petelur Ringan

Ayam petelur rigan merupakan model ayam petelur yang mempunyai bobot tubuh yang gampang dibandingkan ayam petelur yang lain. Ayam ini pula dikatakan ayam petelur putih sebab memang berwarna yang mempunyai warna putih juga telurnya.

Badan ayam ini relatif ramping serta kurus dan punyai jengger mempunyai warna merah. Perihal ini lantaran ayam ini diprioritaskan untuk hasilkan telur saja. Produksi telur yang dibuat bisa sampai 260-280 butir /tahunnya.

2. Model Ayam Petelur Medium

Berkebalikan dengan ayam petelur ringan, ayam petelur medium mempunyai bobot tubuh yang semakin besar meski tidak kurang berat dari ayam pedaging seperti ayam broiler. Ayam ini merupakan ayam jenis dwiguna lantaran disamping hasilkan telur mereka dapat juga dipasarkan dagingnya.

Rata-rata ayam petelur ini punyai bulu-bulu yang mempunyai warna coklat seperti warna telurnya. Produksi telur yang dibuat bisa sampai 270-290 butir /tahunnya.

Kriteria Mengawali Ternak Ayam Petelur

A. Prasyarat Posisi:

Posisi adalah salah elemen yang paling tentukan kesuksesan usaha budi daya ayam petelur. Berikut alasan yang bisa dilakuakn saat menyeleksi posisi yang benar, salah satunya:

1. Posisi Yang Jauh Dari Keramaian/Perumahan Warga

Bukan tiada argumen ingat pengaruh lingkungan yang berasal dari peternakan ayam petelur pasti mengganggu penduduk kira-kira. Sebutlah berbau kotoran yang menusuk sampai kotoran yang dibuat yang notabene sangatlah mengganggu. Oleh sebab itu, penyeleksian posisi yang jauh dari permukiman sangatlah dibutuhkan.

2. Posisi Simpel Digapai Dari Pusat-Pusat Penjualan

Perihal ini berhubungan dengan cost transportasi yang semestinya didesak seminim mungkin. Posisi yang dekat sama pasar pasti memnimalkan cost transportas yang pada akhirannya akan mempertingkat keuntungan.

3. Posisi Dipilih Memiliki sifat Berada Atau Tak Berubah-Pindah

Satu upaya akan sukar sukses kalau kerap berubah-pindah tempat lantaran bisa menggelisahkan pembeli atau stakeholders. Semestinya peternakan dibentuk berada dengan bangungan yang semipermanen atau tetap.

B. Persiapan Fasilitas serta Perabotan

1. Kandang

Penyiapan Kandang salah satunya elemen simpatisan keberhasilannya ternak ayam petelur. Kandang ayam petelur sekarang udah banyak berusaha adalah bagaimana menggunakan posisi yang kurang supaya dapat memperoleh hasil yang optimal

2. Temperatur Kandang 32,5°C - 35°C

Temperatur kandang harus dimaintan demikian rupa maka dari itu bagus untuk ayam petelur. Bisa dipakai lampu penghangat kalau memang temperatur kira-kira lebih rendah.

3. Kelembapan Kira-kira Di antara 60-70%

Kandang yang terlampau kering bisa turunkan keproduktifan ayam. Mujur Indonesia punyai cuaca tropis yang punyai kelembapan yang cukup tinggi.

4. Pencahayaan Serta Atau Pemanasan Kandang

Pemanasan dijalankan kalau udara kira-kira lebih rendah dari temperatur yang dianjurkan. Pemanfaatan lampu penghangat semestinya dijalankan waktu malam hari lantaran temperatur pada waktu itu relative lebih rendah.

Metode Budi daya Ayam Petelur Supaya Cepat Bertelur

Kesempatan ini, saya akan membagi metode budi daya ayam petelur untuk yang baru memulai yang udah dapat dibuktikan bisa mempertingkat hasil panen selengkapnya.

1. Penetapan Metode Kandang Ayam Petelur

Mempersiapkan kendang sebelumnya mengawali budi daya, pentingnya mengenal model kendang yang benar sebagai satu diantaranya bentuk untuk mendukung kemajuan ternak ayam petelur.

A. Metode Kandang Koloni

Kandang koloni berperan untuk menyimpan ayam pada sebuah barisan. Kandang ini dipakai untu menyimpan DOC atau ayam dewasa dengan jumlah banyak di tiap sekatnya.

Anda dapat membudidaya ayam di kandang model ini diawali saat ayam segera masuk kandang sampai akhir produksinya. Kandang koloni banyak diputuskan lantaran lebih mengirit tempat serta cost pembikinan kandang.

B. Metode Kandang Perorangan

Berkebalikan dengan kandang koloni, kandang perorangan adalah bentuk kandang yang dipakai untuk tempatkan satu ayam di tiap kandangnya. Kandang jenis ini konsumsi banyak ruangan tapi lebih simpel dalam pengaturannya.

Arah kandang semestinya menyerong dari timur ke arah barat untuk menekan penghimpunan panas pada kandang. Dengan demikian kandang peroleh cahaya matahari dengan cara langsung cuman pada waktu sore dan pagi hari saja.

Letak di antara kandang yang satu serta kandang yang lainnya harus ditata sesuai sama barisan usia ayam yang dipiara.

2. Mempersiapkan Perabotan Kandang Ayam Petelur

Metode budi daya ayam petelur seterusnya adalah dengan lengkapi perabotan yang terdapat pada kandang ayam. Perabotan itu adalah tempat pakan, minum, ransum, tempat suplemen, metode alat pencahayaan, litter (alas lantai), tempat bertelur serta tempat bertempat.

A. Tempat Pakan

Tempat pakan rata-rata memakai pipa paralon yang dibelah namun untuk meminimalisasi pakan yang raib karenanya tempat pakan berwujud trapesiium akan lebih bagus.

B. Tempat Minum

Tempat minum ayam biasa memakai Nipple yang lebih efektif serta maksimal. Tapi dapat juga disiasati dengan pemanfaatan botol sisa air mineral yang dibelah dua.

Pemanfaatan botol sisa air mineral sebagai tempat minum semestinya dimaintain kebersihannya supaya tak mengundang bibit penyakit.

C. Tempat Ransum

Tempat ransum ayam merupakan tempat letakkan ransum/makanan ayam petelur sama ukuran kemampuan yang berbagai macam, maka dari itu peternak simpel untuk menyerasikan keperluan untuk kandangnya. Tempat ransum ayam biasa dipakai di kandang koloni.

D. Tempat Suplemen

Suplemen salah satunya bagian yang paling diperlukan oleh ternak ayam. Suplemen yang paling disarankan merupakan Suplemen Organik Cair Specialist Ternak.

Sama sesuai namanya, suplemen ini dibuat dair beberapa bahan organik yang punya kandungan bakteri baik (apatogen) yang berguna untuk memperhatikan kesehatan ternak. Diluar itu, suplemen ini sangat juga simpel diimplementasikan, dengan secara memasukkan ke dalam pakan maupun air minum.

E. Metode Alat Pencahayaan

Kandang ayam petelur sangatlah butuh lampu untuk mengontrol temperatur yang berada pada dalam kandang. Menurut riset, kegunaan lampu dapat memengaruhi proses kematangan organ reproduksi ayam petelur.

Intensif sinar yang diperlukan merupakan sejumlah 10-20 lux pada waktu saat layer. Untuk memperoleh intensif itu dibutuhkan 17 lampu pijar 15 watt di jarak 3 mtr. per lampu.

F. Alas Lantai

Lantai bisa dibikin dari sekam padi dengan tebal kira-kira 10 cm. Penting diingat supaya bersihkan lantai kandang supaya tak jadi sarang jamur serta penyakit.

G. Tempat Bertelur

Tempat bertelur dibentuk untuk membantu memetik hasil serta supaya telur tak kotor. Tempat bertelur bisa berwujud kotak sama ukuran 30x35x45 cm. Kotak dimasukkan disudut kandang supaya simpel dijalankan ambil telur di luar.

H. Tempat Bertempat

Tempat bertempat dialamatkan sebagai tempat ayam untuk istirahat serta dibentuk tertutup supaya terlepas dari angin dan terletak lebih rendah dari tempat bertelur.

3. Penyeleksian Bibit Ayam Petelur (DOC)

Metode budi daya ayam petelur yang paling dahulu serta yang harus menjadi perhatian merupakan penyeleksian bibit unggul. Perihal ini memiliki tujuan untuk hasilkan produksi telur yang cukup tinggi dan mutu telurnya juga tinggi.

Berikut prasyarat penyeleksian bibit ayam petelur yang dapat Anda aplikasikan:

A. DOC Ayam harus sehat serta tak cacat fisik.

Ayam yang sehat ditunjukkan dengan alterasi ranmsum serta produksi telur yang cukup tinggi dan tak punyai cacat fisik. Kekeliruan penyeleksian ayam yang kurang sehat dapat jadi petaka besar lantaran penyakit yang dibawa ayam itu bisa menebar ke semuanya kandang.

B. Perkembangan serta kemajuan normal.

Perkembangan ayam harus lumrah, perihal ini dapat disaksikan dari gairah makannya yang normal dan proses kematangan alat kelamin pula tidaklah terlalu lama.

C. Ayam petelur datang dari bibit yang pasti.

Bibit ayam bisa datang dari beberapa model, baik itu model petelur gampang atau petelur alat. Dianjurkan pilih strain yang punyai keproduktifan telur paling tinggi seperti Hisex White serta Shaver S 228.

Bibit yang sehat pastilah datang dari induk yang sehat juga. Induk sehat bisa ditunjukkan dengan produksi telur yang cukup tinggi dan performns perkembangan yang normal.

D. Bulu-bulu nampak lembut, penuh serta baik perubahannya.

Satu diantaranya teknik yang harus dicoba yaitu dengan lihat kelembutan bulu-bulunya. Ayam yang punyai bulu-bulu yang hancur atau mungkin tidak lembut pantas dianggap berpenyakit.

E. Memiliki selera makan yang bagus.

Selera makan yang bagus merepresentasikan sehatnya ayam itu. Tinginya selera makan akan mempertingkat perkembangan serta keproduktifan telur.

F. Ukuran bobot tubuh di antara 35-40 gr.

Ayam model petelur gampang rata-rata punyai berat tubuhg 35-40 cm dengan tumbuh ramping serta kurus.

G. Tak ada letakan tinja diduburnya.

Tinja yang menempel di badan bisa mengundang penyakit maka dari itu perlu dicegah. Oleh karena itu, putuskan DOC yang nampak sehat dan bersih.

4. Metode Perawatan Ayam Petelur

Proses pembesaran ayam petelur masuk di tahapan perawatan untuk mengoptimalkan perkembangan ayam petelur. Tersebut sejumlah tahapan perawatan ayam petelur, salah satunya:

A. Sanitasi serta Perlakuan Mencegah

Kebersihan lingkungan kandang serta lahan peternakan jadi upaya mencegah palinglah penting dalam menanggung kebersinambungan upaya budi daya ayam petelur. Perlakuan yang bisa dijalankan seperti penyuntikan vaksin, pembersihan kandang secara periodik sampai perawatan ternak.

B. Pemberian Pakan

Pemberian pakan perlu diperbedakan di antara sesi starter serta sesi finishher. Sesi starter merupakan DOC yang berusia 0-4 minggu, dan sesi finishher merupakan ayam yang berusia 4-6 minggu.

Berikut formulasi makanan ayam petelur supaya cepat bertelur, salah satunya:

Sesi Starter (0-4 minggu)

Di sesi starter diperlukan senilai 1.520 gr pakan per ekornya sampai berusia empat minggu. Zat nutrisi yang terdapat pada pakan terdiri dalam protein 22- 24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, ME 2800-3500 Kcal.

Sesi Finishher (4-6 minggu)

Di sesi Finishher perlu 3.829 gr per ekornya.zat nutrisi yang terdapat pada pakan terdiri dalam protein 18,1-21,2%; lemak 2,5%; serat kasar 4,5%; kalsium (Ca) 1%; Phospor (P) 0,7-0,9% serta energi (ME) 2900-3400 Kcal.

Pemberian pakan ayam supaya lebih optimal, Anda perlu mengenal selengkapnya Pakan Ayam Supaya Cepat Besar serta Gendut.

Di perawatan ayam petelur pula perlu mencermati ketahanan badan ternak lantaran punya pengaruh langsung pada keproduktifan telurnya. Pemberian suplemen memiliki tujuan untuk menahan dan menangani penyakit yang menulari ayam.

Dapat juga dengan membikin pakan opsi supaya lebih irit cost. Pakan opsi yang bisa dipakai untuk ternak ayam petelur adalah maggot.

5. Ketahui Saat Produktif Ayam Petelur

Usia ayam petelur dalam hasilkan telur termaksud Panjang adalah 1,5 - dua tahun. Tapi perlu juga dicatat usia tiap ayam yang berada pada kandang lantaran lebih tua ayam itu akan lebih turunkan keproduktifannya.

Lebih baiknya dilakuan pertukaran indukan ayam petelur kalau dirasakan usia ayam petelur itu udah dekati akhir saat produktifnya.

Untuk perpanjang saat produktifnya, dianjurkan untuk menambah Suplemen Organik Cair Specialist Peternakan. Terapkan Suplemen Organik Cair Specialist Peternakan dengan jumlah:

  • Usia ayam 1-10 hari: terapkan 0,3 ml/ekor/hari (300 mili liter/1000 ekor) di sore atau mungkin pagi hari.
  • Usia ayam >10 hari: terapkan 0,3 ml/ekor/hari (300 mili liter/1000 ekor) di sore hari.

Cukup dengan mengimplementasikan Suplemen Organik Cair Specialist Peternakan, Anda dapat perpanjang saat produktif ternak ayam Anda. Sampai lebih dari dua tahun.

Baca Juga: Harga Pinsar Petelur Nasional: Analisis dan Perkembangan Terbaru

Keunggulan Pemberian Suplemen Untuk Ayam Petelur

Satu diantaranya kegunaan pada ayam petelur adalah bisa meningkatkan kandungan mineral di telur ayam.

Pemberian Suplemen secara periodik sangatlah diperlukan untuk menahan munculnya penyakit yang bisa bikin rugi upaya budi daya ayam petelur. Suplemen yang paling disarankan untuk ternak ayam merupakan suplemen organik.

Suplemen Organik Cair Specialist Peternakan dibikin dari beberapa bahan alami, seperti kotoran organik, rumput laut, minyak hewani, algae serta bakteri specialist. Bakteri specialist yang terdapat di dalamnya merupakan Bacillus Brevis, Bacillus Pumillus, Bacillus Mycoides, Pseudomonas Alcaligenes serta Micrococcus Roseus.

Beberapa bahan yang terdapat pada Suplemen Organik Cair Specialist Peternakan berguna untuk:

  1. Menahan kemajuan bakteri bikin rugi (bakteri) yang bikin rugi.
  2. Menstimulasi pembangunan ketahanan tubuh (kekebalan) ternak, maka dari itu dapat bebas dari penyakit.
  3. Kurangi jumlah kematian di ternak.
  4. Mempertingkat nilai gizi pakan, sekalian mempertingkat selera makan ternak.
  5. Menyebabkan pelepasan enzim pencernaan di ternak ayam.
  6. Meningkatkan kandungan mineral asam lemak prinsipil serta non prinsipil di ternak.
  7. Punya kandungan hormon perkembangan alami untuk percepat perkembangan serta kemajuan ternak.
  8. Kurangi berbau kotoran di ternak.

Perawatan kandang pula adalah satu diantaranya metode memiara ayam petelur yang jangan dinomorduakan.

Mulai dengan pembersihan kandang secara teratur sampai perubahan alas kandang (litter) secara periodik merupakan kesibukan rutin yang harus dijalankan.

Jauhi situasi kandang yang lembap lantaran bisa mengundang jamur untuk bersarang dari sana.

Karenanya dulur dapat mengimplementasikan desinfektan sama sesuai keperluan, dengan menyemprot kesegala kandang ayam petelur

Itu dia petunjuk metode budi daya ayam petelur selengkapnya yang harus Anda ketahui . Sehingga, apa Anda pun mau membudidaya ayam petelur?

Ikbal zakariya
Ikbal zakariya Saya membagikan informasi yang bermanfaat buat kalian.