13 Jenis Ayam Petelur Unggul yang Berkualitas Tinggi Telurnya

Daftar Isi
Jenis Ayam Petelur

13 Jenis Ayam Petelur Unggul yang Berkualitas Tinggi Telurnya

Apa yang dimaksud Ayam Petelur ?

Ayam Petelur adalah ayam betina dewasa yang dipiara spesial menjadi ayam petelur buat diambil telurnya. Asal muasal ayam unggas itu asal dari ayam liar yang ada dalam rimba, setelah itu oleh sejumlah ahli ayam itu disortir dengan ketat.

Ayam yang udah terseleksi buat diperuntukan selaku produksi daging disebut yaitu ayam broiler, sementara itu untuk membuat telur diketahui selaku ayam petelur. Diluar itu, penyaringan pun ditempatkan di warna kulit telur maka bisa diketahui selaku ayam petelur putih (ayam petelur ringan) serta ayam petelur coklat (ayam petelur medium).

Baca Juga: Cara Merawat Ayam Petelur Buat Pemula untuk Menghasilkan Telur Berkualitas Tinggi

Kemungkinan Ternak Ayam Petelur

Bertambah bertambahnya kepentingan konsumsi bakal telur ayam pada masyarakat, pastinya jadi kemungkinan upaya yang baik.Sehari-hari ayam petelur bakal menciptakan telur serta penerimaan yang bakal Anda terima konstan.

Permohonan telur ayam akan tidak kering, akan tetapi malahan dapat bertambah selalu. Waktu produksi ayam petelur dapat 1,lima tahun - 2 tahunan.

Trik Beternak Ayam Petelur

Saat ini, ayam petelur coklat atau di sebut ayam petelur medium mulai diketahui selaku ayam yang unggul serta udah dikenali produksi telur yang begitu tinggi. Ayam kampung dahulunya dipercaya oleh penduduk selaku bahan kepentingan tiap hari. Namun pemanfaatan ayam kampung saat ini banyak dipakai selaku bahan makanan tradisionil serta telurnya banyak dipakai selaku paduan di jamu serta berkasiat selaku obat.

Ayam kampung benar-benar bertelur dan dagingnya bisa dipakai buat disantap namun ayam kampung tak dikategorisasi selaku ayam dwi untuk secara komersil unggul.

Saat ini, ayam udah berkembang sangat cepat di tiap-tiap negara, terpenting di lokasi Asia serta Afrika dan sejumlah Eropa. Utama - utama peternakan ayam petelur di Indonesia bisa didapati di pelojok wilayah Pulau Jawa serta Pulau Sumatra. Beternak ayam petelur bisa dikerjakan oleh siapa pun, trik beternaknya juga lumayan mudah.

Berikut adalah sejumlah poin yang bisa peternak melakukan biar mendapat hasil panen telur yang maksimum.

1. Memutuskan DOC Ayam Petelur yang bermutu

Buat mendapat hasil panen yang bagus jadi peternak mesti melihat dalam penentuan bibit. Tanda-tanda - tanda-tanda bibit yang bagus serta bermutu sebagaimana berikut ini :

  1. Berat DOC baik ialah, 35 gr serta tidak lebih dari 32 gr
  2. Punya pembawaan tangkas, tangkas serta aktif cari makan
  3. Tak ada kotoran yang melekat di sisi dubur
  4. Rongga sisi perut lentur, pusar kering serta tertutup bulu-bulu
  5. Warna bulu-bulu ceria serta berkilau
  6. Kaki lembab seperti berlapis minyak
  7. Mata bundar serta ceria

2. Kandang Ayam Petelur

Kandang adalah hunian buat ayam. Pengerjaan kandang mesti memberinya rasa yang aman dan nyaman buat ayam.

Kenyaman di ayam tersebuta bakal mengubah produktifitas ayam, terpenting ayam petelur.

Perihal - perihal yang wajib menjadi perhatian yaitu macam kandang yang bakal dipakai, penyinaran yang sesuai sama, management berpindah kandang, jumlah ayam yang dipakai, jumlah kandang, serta tenaga kerja yang dibutuhkan.

Berdasar pada macam konstruksi atau bentuk kandang, kandang ayam petelur terdiri jadi 2 bentuk ialah kandang koloni (postal) serta kandang battery.

Bentuk kandang postal adalah bentuk kandang dengan struktur pemeliharan ayam yang dikumpulkan secara berkelomook dalam sebuah kandang.

Sementara itu buat kandang battery, ayam dipiara secara personal di tiap-tiap area ditinggali oleh seekor ayam.

Pada biasanya kandang battery inilah sebagai alternatif banyak peternak, karena oleh bentuk kandang battery perawatan ayam, pemberian pakan serta minum dan pemanenan telur bisa bertambah lebih ringan.

3. Pakan buat Ayam Petelur

Pakan adalah bahan pangan yang diperlukan oleh hewan ternak, terpenting buat ayam petelur.

Macam - macam pakan bisa asal dari tumbuh - tumbuhan, hewan atau bahan yang lain punya kandungan nutrisi tinggi buat perkembangan hewan ternak.

Pakan itu bisa dikasihkan di hewan ternak berbentuk butiran serta bisa berwujud ransum.

Buat pakan ayam petelur yang disarankan ialah macam ekstrak ayam petelur.

Pakan ekstrak ini berwujud pakan butiran dari pabrik. Ekstrak spesial petelur ini baik dikasihkan di ayam petelur sebab punya ukuran pakan yang sesuai sama kepentingan sang ayam.

Harga dari pakan kosentrat ayam petelur condong berlainan di tiap wilayahnya.

Rasum adalah bahan pakan yang memiliki bahan baku yang mengambil sumber dari lingkungan sekitaran maka bisa kurangi biaya pakan.

Dalam membuat rasum pakan di ayam petelur nilai gizi tiap-tiap bahan pakan mesti disinkronkan dengan kepentingan nutrsi yang diperlukan oleh ayam petelur.

Perihal ini dikerjakan biar produktifitas telur di ayam petelur bertambah lebih maksimkal maka setaip harinya ayam petelur bisa menciptakan telur pada jumlah yang relatif tinggi.

4. Pengontrolan Penyakit Ayam Petelur

Buat menghindari ayam petelur terkena penyakit yang tak diingini jadi peternak penting melihat dalam soal kebersihan kandang serta penyuntikan vaksin ayam petelur.

Vaksinisasi ini idilakukan biar mencaga ketahanan ayam petelur dari penyakit. Buat ayam petelur vaksin itu bisa terdiri dalam vaksin ND atau NCD, Gumboro serta CRD.

Dengan penyuntikan vaksin buat ayam ini diharapakan bisa tetap memperhatikan kesehatan ayam sampai waktu bertelur datang.

Sebelumnya melaksanakan vaksin ayam, usahain peternak pun punya keterampilan yang oke. Biar proses vaksin ayam jalan dengan lancar serta baik.

Berikut buat tabel penyuntikan vaksin dari umur DOC - Dewasa :

Umur AyamVaksinJumlah DosisTeknik Pengaplikasian
4 hari Medivac ND Hitcner B1 dosisTetes mata/ tetes hidung/ Spray
4 atau 7 hariMedivac Gumboro A/ Medivac Gumboro B1 dosisTetes Mulut/ Air Minum
10 hariMedivac ND Hitcner B1/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND – IB, Medivact Al0, 2 mlSuntikan subtukan
21 hariMedivac ND Lasota/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND – IB1 dosisAir Minum/ Spray
28 hariMedivac Gumboro A/ Medivac Gumboro B1 dosisTetes Mulut/ Air Minum
42 hariMedivac Coryza T/ Medivac Coryza T Suspension/ Medivac Coryza B0,5 mlSuntikan Subkutan/ Suntikan/ Intramuskuler
56 hariMedivac ND Hitcer B1/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND-I
Medivac ND Lasota/ Medivac ND-IB 
1 dosisAir Minum
 Medivac Al0,5 Suntikan Intramuskule
72 hariMedivac Pox/ Medivac ILT1 dosisTusuk Sayap/ Tetes Mata
90 hariMedivac ND Lasota/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND-IB1 dosisAir minum/ Spray/ Suntikan Intramuskuler 
112 hariMedivac ND-G7B Emulsion/ Medivac ND-IB Emulsion/ Medivac ND-EDS Emulsion/ Medivac ND-EDS-IB-Emulsion0,5 mlSuntikan Intramuskuler
129 hariMedivac Al0,5 mlSuntikan Intramuskuler
126 hariMedivac Coryza B/ Medivac Coryza T Suspension/ Medivac Coryza T0,5 mlSuntikan Intramuskuler, Suntikan Subkutan

13 Macam Bibit Ayam Petelur yang Bagus serta Bermutu

Macam bibit ayam yang baik dibuat oleh macam ayam tersebut dan penentuan DOC ayam yang bermutu. DOC ayam yang bermutu adalah impian tiap-tiap utama peternakan.

Sebab, DOC ayam yang bagus tentulah bakal menciptakan ayam dewasa dengan mutu yang lebih bagus juga. Silakan Mengetahui Macam Bibit Ayam Petelur yang Bagus serta Bermutu. Macam model ayam petelur yaitu yang memperbandingkan di antara jenis ayam petelur yang lain serta terdiri atas beberapa tipe.

Dari sekian waktu peternak terus usaha cari macam unggas yang menghasilkan telur relatif banyak dalam sesaat.

Tentang hal macam - jenis ayam petelur di Indonesia yang punya mutu unggul adaklah sebagaimana berikut :

1. Ayam Ras Petelur Coklat (hibrida)

Ayam Hibrida terdiri jadi beberapa tipe namun ayam hibrida yang banyak diketahui yaitu macam Golden Comet yang diketahui selaku ayam negeri atau ayam ras petelur.

Berat ayam poetelu bisa sampai seputar 2 kg, walaupun tak seberat dengan ayam broiler namun daging yang dihasilakan oleh ayam petelur punya rasa daging yang lebih sedap ketimbang dengan daging ayam pedaging broiler.

Oleh karenanya, ayam petelur itu termasuk dalam macam ayam pedaging serta dikatakan dengan model ayam dwiguna atau yang bisa menciptakan telur dan daging.

Macam ayam hibrida itu punya pembawaan mengonsumsi pakannya yang sedikit, namun dengan dayam konsumsi pakan yang sedikit ayam petelur hibrida ini bisa menciptakan telur pada jumlah yang banyak.

Oleh karenanya, ayam ini termasuk punya harga tambah murah ketimbang dengan breed lain. Di lokasi Indonesia sendiri, banyak peternak banyak memutuskan ayam petelur hibrida buat diperbudidayakan.

Badan ayam hibrida punya warna emas serta coklat dengan ekornya yang memiliki warna putih.

Ayam petelur hibrida bisa bertelur sejumlah 280 an butir tiap-tiap tahunnya dengan warna telur cokelat serta bentuknya yang lagi.

2. Ayam Petelur Putih (White Leghorn)

Ayam White Leghorn atau umumnya dikatakan ayam Petelur Putih adalah ayam ras petelur yang punya warna bulu-bulu putih bersih serta telur yang dibuatpun pun memiliki warna putih bersih, serta di jengger ayam ini memiliki warna merah.

Ayam macam ini adalah ayam yang dimafaatkan cuman di telur nya saja serta tak untuk membuat dagingnya. Diluar itu ayam petelur putih ini dapat menghasilkan telur sampai 260 butir per tahunnya.

Selain tersebut ayam petelur putih pun punya kekurangan ialah begitu peka kepada cuaca panas serta kondisi kemelut yang membuata ayam ras ini ringan terperanjat maka bisa berefek dengan jumlah produksi telur yang jadi menurun.

3. Ayam Petelur Ancona

Ayam ini punya ukuran badan yang ramping serta kecil. Penebaran ayam ancona itu udah tersebarkan sampai Amerika Serikat serta Inggris.

Tampilan dari ayam ancona ini lebih serupa dengan plymouth rock, namun ayam plymouth rock punya ukuran badan yang lebih kecil. Ayam ancona punya kepribadian lebih liar ketimbang ayam yang lain serta bisa terbang ke luar dari kandangnya.

Ayam Ancona bisa menghasilkan telur seputar 200 butir per tahunnya, Serta warna dari ayam petelur itu memiliki warna putih dengan wujud telur yang condong kecil serta imut.

4. Ayam Petelur Plymouth Rock (Barred Rock)

Macam ayam ini adalah jenis ayam petelur yang paling sesuai ditingkatkan selaku usaha ayam petelur buat peternak pemula.

Mengapa begitu ? Sebab ayam plymouth rock adalah ayam yang condong lebih ringan buat diternakan serta dipiara dan ayam itu punya ketahanan badan yang kebih kuat.

Ayam Plymouth Rock memiliki tubuh yang lebih kecil ketimbang dengan ayam yang lain. Ayam itu punya bulu-bulu yang dimonopoli oleh warna abu - abu dengan garis putis di seluruh badannya. Dan ayam plymouth rock bisa menghasilkan 200 butir pertahunnya.

5. Ayam Petelur  Ross Brown

Ross Brown adalah pengelompokan ayam petelur yang dicetak di Inggris di tahun 1972, sementara itu di Indonesia sendiri pengembang ayam Petelur Ross Brown ialah PT.Cibadak Elok Sari Fram. Ayam Petelur Ross Brown punya tanda-tanda - tanda-tanda warna badan coklat dengan produktifitas telur sampai 270 an tiap-tiap tahunya.

6. Ayam Petelur Lohman Brown

Jenis ayam petelur lohman adalah pengelompokan ayam yang dibuat oleh perusahan Miltibreeder Adirama Indonesia. Ayam itu punya warna bulu-bulu cokelat seperti karamel dengan warna bulu-bulu putih di seputar leher serta diujung ekor.

Beranjak usia ayam 8 minggu ayam lohman brown bisa menghasilkan telur sampai 300 butir per tahunnya.

Ayam macam ini begitu sesuai menjadi ayam petelur sebab produksi telurnya yang makin banyak ketimbang dengan jenis ayam petelur yang lain.

Banyak peternak ayam petelur bakal memiara ayam macam lohman brown ini di usia tahap grower atau tahap ayam telah memulai berpoduksi.

7. Ayam Petelur Sussex

Ayam sussex adalah satu diantara macam ayam yang punya dwi manfaat. Ialah dapat menjadi ayam pembuat daging serta ayam pengasil telur. Berat ayam jantan bisa sampai 4,1 kg per ekor, sementara itu buat yang betina sampai 3,2 kg.

Macam ayam ini dapat menciptakan telur pada jumlah dimulai dengan 180 - 320 butir per ekor dalam 1 tahun. Buat ayam yang memiliki warna jelas seperti kuning serta putih menciptakan telur makin banyak ketimbang macam ayam lainnya. Ayam petelur macam sussex ini punya pembawaan yang tenang serta senang berkeliaran tanpa ada menghancurkan lingkungan.

8. Ayam Petelur Hamburg

Ayam petelur berikut nama istilah ayam Hamburg adalah merupakan ayam asli yang berasalk dari Jerman. Ayam itu adalah ayam yang sangat indah bilan di pandang, sebab ayam ini punya bulu-bulu yang memiliki warna putih dengan bintik - bintik berwarna hitam.

Ayam petelur hamburg bisa menghasilakan telur seputar 200 butir pertahunnya.

9. Ayam Ras Rhode Island Red

Ayam Rhode Island Red adalah yangbiasa diternakakn atau dipiara buat kepentingan daging serta telur. Ayam itu asal dari Negara Amerika Serikat sebagai trah ayam yang dapat menyesuaikan dan kuat di cuaca ekstrim.

Ayam ini dapat menghasilkan telur sampai 250 butir per ekornya.

Ayam macam Rhode Island Red punya bulu-bulu yang memiliki warna coklat kehitaman maka tampilan ayam ini bertambah lebih gelap.

10. Ayam Petelur Barnevelder

Macam ayam ini punya ciri-khas bulu-bulu yang berkilau memiliki warna hitam dengan ujungnya coklat. Ayam barnevelder ialah persilangan dari Landrace Belanda dengan unggas rimba Asia.

Daya produksi telur ayam barnevelder ialah 200 butir per tahun. Menurut data, ayam ini bukanlah penerbang yang bagus jadi sesuai apabila diternak di ruang perkebunan.

Baca Juga: PakanAyam Petelur Biar Cepat Bertelur : Jenis, Keperluan Gizi, Hingga Pembuatan

11. Ayam Petelur Maran

Maran tergolong macam ayam dwiguna, ialah dapat sebagai ayam petelur serta ayam pedaging. Tanda-tanda fisik ayam maran ialah serupa ayam Plymouth rock akan tetapi warna sangat banyak abu-abu gelap dengan corak putih bergaris sedikit. Telur ayam maran memiliki warna hitam gelap.

Per tahun ayam maran bisa menciptakan telur seputar 200 butir.

12. Ayam Petelur Buff Orpington

Buff orpington asal dari Kent, serta masuk di macam ayam yang idola di lokasi teresebut. Warna di bulu-bulu ayam ini ialah keemasan serta lumayan tebal.

Per tahun ayam buff orpington bisa menciptakan telur sejumlah 180 butir.

Ayam ini sukai juga terkurungi telurnya waktu musim panas datang. Ayam buff orpington sangat jinak serta senang berhubungan dengan manusia.

13. Ayam Petelur Easter Egger

Per tahun ayam easter egger bisa menciptakan telur 250 butir. Telur yang dibuat memiliki warna biru ceria kehijauan. Ayam ini punya bulu-bulu coklat plus tambah warna lain.

Ikbal zakariya
Ikbal zakariya Saya membagikan informasi yang bermanfaat buat kalian. Ikbal Zakariya